Rabu, 25 April 2018

Budaya Korea Dalam Produk Media Indonesia

(Menggugat Kepatutan Remaja Menonton Film Korea Di Televisi Dengan Terpaan Nilai Hidup Bersama Sebelum Menikah)

Oleh Monika Wutun


ABSTRAK
Budaya Korea Dalam Produk Media Indonesia (Menggugat Kepatutan Remaja Menonton Film Korea Di Televisi Dengan Terpaan Nilai Hidup Bersama Sebelum Menikah) merupakan tulisan dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif berusaha menggugah kesadaran para pemilik media di Indonesia untuk menyadari pentingnya menampilkan produk media yang berkualitas khusus media Televisi. Televisi swasta nasional (Sistem Siaran Jaringan) diharapkan tidak hanya mengedepankan prinsip ekonomi politik media dengan orientasi keuntungan semata, tetapi tetap memperhatikan tanggung jawab Televisi untuk menampilkan program yang dapat memenuhi fungsi media yakni untuk menginformasikan, mendidik dan menghibur.
Film Korea dalam bentuk serial sering ditampilkan di Televisi swasta nasional dan dengan target pasarnya adalah para remaja. Industri media di Korea dan Indonesia menyadari remaja adalah kelompok yang paling mudah dipengaruhi jika dikaitkan dengan lifestyle sebagai pernyataan eksistensi remaja di tengah pergaulannya. Namun tanpa disadari ada nilai-nilai termuat di dalam serial film korea yang bertentangan dengan budaya Indonesia, yang menjadi fokus tulisan ini yakni kandungan nilai hidup bersama sebelum menikah pada hampir sebagian besar serial yang ditampilkan di Televisi.
Penyusupan demoralisasi berupa menghalalkan hidup bersama sebelum menikah adalah masalah bangsa yang perlu diatasi sejak dini. Karena target dari film korea adalah remaja, maka sudah menjadi tanggung jawab orang tua, lembaga pendidikan (guru), lembaga kemasyarakatan, negara dan lembaga independen yang memiliki wewenang untuk menyaring, menyortir isi media sebelum dinikmati para remaja Indonesia. Kalau masing-masing pihak tersebut melaksanakan dengan tanggung jawab maka dampak negatif dari demoralisasi remaja ini akan dapat teratasi.


Kata Kunci: kualitas isi media, film korea,  Televisi Indonesia, penonton remaja

selengkapnya dapat dibaca pada JURNAL COMMUNIO, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 4, Nomor 2, Juli 2015, hlm.684-693, No. ISSN: 2252-4592Diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Undana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL UTS MATA KULIAH KOMUNIKASI BISNIS